[AsaiKana #108]: Makelar Pemilu

103 Views

Tuan dan Puan Steemians…

Secara sederhana dan singkat, istilah makelar dapat diterjemahkan sebagai perantara atau penghubung. Istilah tersebut juga serupa dengan agen atau pialang. Istilah makelar lazim digunakan dalam dunia perdagangan.

Meskipun kerap digunakan dalam dunia dagang, namun “pekerjaan” makelar juga sering ditemui dalam dunia politik, khususnya politik praktis alias pemilu. Perbedaannya cuma terletak pada kejujuran si makelar tersebut. Dalam dunia dagang, makelar adalah bagian dari profesi yang diakui sendiri oleh pelakunya. Sebaliknya, dalam dunia politik, khususnya dalam pemilu, si makelar justru berlagak sebagai bukan makelar.

Makelar perdagangan mencari keuntungan dari usahanya sebagai perantara dalam aktivitas dagang alias jual beli antarpihak. Hal serupa juga dilakukan makelar pemilu, di mana ia menjadi perantara yang menghubungkan politisi semisal caleg, cagub, cabup atau cawalkot dengan pemilih.

Idealnya seorang makelar pemilu bertindak sebagai tim sukses, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Dalam melakukan aktivitasnya, makelar pemilu biasanya hanya menyamar sebagai tim sukses untuk mencari keuntungan dari politisi di musim pemilu.

Menjelang pemilu, para makelar ini akan berkeliaran mencari mangsa. Mereka akan berusaha mendekati semua politisi, khususnya caleg untuk ditipu.

Berbeda dengan tim sukses yang fokus bekerja untuk caleg atau cabup tertentu, makelar pemilu justru mendekati seluruh caleg/cabup dengan mantra memukau sehingga semua mangsa pun terpukau.

Caleg-caleg baru biasanya akan mudah tergoda dengan aksi makelar pemilu yang terlihat cukup profesional sehingga mereka pun mengeluarkan sejumlah dana kepada para makelar. Dan si makelar pun tersenyum karena telah sukses menipu.

Demikian dulu Tuan dan Puan Steemians, lain waktu disambung kembali…

*Tentang pola kerja makelar ini akan dilanjutkan kapan-kapan

[KM](http://khairilmiswar.com)
Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

khairilmiswar
About khairilmiswar 301 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*