Idealis

320 Views

Kamus Besar Bahasa Indonesia memaknai idealis sebagai orang yang bercita-cita tinggi. Namun begitu, pengertian ini masih bisa diperluas; bahwa sosok idealis adalah mereka yang tetap setia pada prinsip dan asas yang diyakininya, tidak plin-plan dan tetap konsisten dengan sikapnya itu.

Kata idealis banyak ditemukan dalam berbagai topik perbincangan. Banyak orang yang mengaku dirinya sebagai idealis dan dalam waktu bersamaan sering pula menuduh orang lain sebagai tidak idealis.

Dalam dunia pergerakan atau pun dunia aktivis, istilah ini juga sering digunakan. Dalam praktiknya penggunaan istilah ini biasanya akan melekat pada sosok-sosok tertentu yang dianggap setia pada tujuan perjuangan yang telah digagas bersama. Bagi yang mengingkari kesetiaan ini, maka mereka akan dilabel sebagai tidak idealis.

Namun begitu, istilah idealis juga kerap dimaknai secara keliru sehingga melahirkan makna yang menyimpang. Dalam dunia aktivis misalnya; siapa saja yang tetap menyendiri dari hiruk-pikuk politik akan dianggap sebagai sosok idealis. Sebaliknya, mantan aktivis yang memilih terjun ke dunia politik dan dekat dengan penguasa cenderung dianggap sebagai tidak idealis. Pemaknaan seperti ini tentunya tidak bisa diterima.

Semestinya term idealis dapat dimaknai secara luas dan tidak kaku sehingga ia tidak terkurung dalam pengertian sempit yang picik.

Seorang idealis tidak harus miskin dan memilih kekal dalam kemiskinan tanpa ada upaya mengubah nasib agar lebih baik. Idealis bukan berarti harus menjadi petapa yang menyendiri dan mengasingkan diri dari keramaian. Idealis bukan bermakna harus menganggur dan memilih menjadi gelandangan seumur hidup.

Idealis adalah sosok yang tidak berkhianat ketika padanya diberi amanah. Idealis adalah orang yang menjaga hak-hak orang lain. Idealis adalah manusia yang berkata jujur dan tidak munafik.

Pejabat idealis adalah mereka yang tidak korup dan tidak mencoleng uang negara. Tentara yang idealis adalah mereka yang memilih melindungi rakyat daripada menuruti pengusa. Hakim yang idealis adalah mereka yang mengetuk palu sesuai hukum dan tidak mengikuti bisikan setan. Ulama yang idealis adalah mereka yang setia pada kitab suci dan kemaslahatan umat dan tidak tunduk pada tekanan siapa pun.

Artinya, kita tetap bisa menjadi sosok idealis dalam lintas profesi, lintas tempat dan lintas waktu. Idealis adalah kesetiaan pada prinsip dan asas. Idealis bukan sekadar label yang dimaknai secara absurd dan konyol.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

Senandung Jampoek

Senandung Jampoek Penulis: Khairil Miswar Penerbit: Kawat Publishing ISBN: 978-602-50591-7-9 Cetakan: Pertama, 2020 Tebal: 282 halaman. Harga: Rp. 55.000 (Pingiriman wilayah Aceh + ongkir Rp. 5000). Minat Hubungi WA: 081360660766
khairilmiswar
About khairilmiswar 281 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*