Kenapa Asai Kana?

147 Views

Belakangan ini, saya sengaja membuat beberapa klasifikasi tulisan yang saya posting di Steemit.


Beberapa klasifikasi dimaksud: Imajiner, Book Reveiw, Kertas Buangan, Pemulung Buku Tua, Jejak Hamka dan Asai Kana. Sementara selebihnya yang tidak ditandai adalah tulisan yang terkait dengan dunia literasi; baca-tulis.

Tujuan saya membuat klasifikasi ini hanya sebagai penanda belaka. Sebab, ada keinginan, beberapa kelompok tulisan tersebut pada suatu saat saya kumpulkan kembali. Tulisan berisi pikiran-pikiran mentah itu rencananya akan diedit dan diramu kembali menjadi buku.

Beberapa klasifikasi tulisan yang sudah saya buat jelas memiliki fokus masing-masing. Sedangkan tulisan-tulisan yang tidak memiliki fokus saya klasifikasikan kepada kelompok AsaiKana.

AsaiKana jika diterjemahkan paksa ke dalam bahasa Indonesia akan bermakna *asal ada*. Dari pemaknaan ini muncul kesan bahwa tulisan ini hanya sekadar pengisi postingan agar tidak kosong. Sepintas memang demikian, tapi jika dilihat dua pintas, atau beberapa pintas, kesimpulan tadi menjadi salah sama sekali.

Seperti telah disinggung, tulisan AsaiKana adalah tulisan campuran yang tidak memiliki fokus. Ia adalah tulisan-tulisan bebas yang ditulis hanya dalam waktu 20-30 menit. Bukan tulisan asal-asalan atau asal posting, tapi ia memiliki asalnya sendiri yang menyebar liar mengikut gerak pikir si penulisnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

Senandung Jampoek

Senandung Jampoek Penulis: Khairil Miswar Penerbit: Kawat Publishing ISBN: 978-602-50591-7-9 Cetakan: Pertama, 2020 Tebal: 282 halaman. Harga: Rp. 55.000 (Pingiriman wilayah Aceh + ongkir Rp. 5000). Minat Hubungi WA: 081360660766
khairilmiswar
About khairilmiswar 281 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*