Blog Sebagai Senjata Terakhir

[Tin)(http://khairilmiswar.com) [Miswary](http://steemit.com/@tinmiswary)
179 Views

Tidak semua tulisan bisa dan layak dikirim ke media, sebab setiap media memiliki standar masing-masing.

Tulisan-tulisan yang tak bisa dikirim ke media tersebut bukan terkendala oleh kualitas yang sama sekali subjektif, tapi ada “sesuatu” di sana sehingga akan sulit diterima oleh media. Dalam kondisi inilah blog menjadi “senjata” untuk menghempas segala pikiran agar ia terbang melayang dan menyebar.

Pada 2015, saya pernah mengirimkan tulisan bertajuk Syariatisasi Media ke sebuah koran lokal terbesar di Aceh. Tulisan tersebut “gagal” terbit. Saya yakin bukan soal kualitas, tapi ada “sesuatu” yang mungkin membuat mereka tak nyaman.

Dalam tulisan itu, saya mengkritik beberapa media cetak di Aceh yang sama sekali belum “tersyariatkan” sementara hampir saban hari mereka mengampanyekan syariat Islam di koran mereka.

Tidak hanya tulisan itu, tapi banyak tulisan lain yang mengalami nasib serupa. Dan, tidak hanya saya, kita semua juga sering mengalami “kepahitan” ini. Penulis tempo dulu pun begitu, ramai yang terpaksa membuat penerbitan sendiri, karena tulisannya ditolak redaksi.

Dalam peradaban Android seperti sekarang ini, blog bisa menjadi medium pengganti penerbitan di masa lalu. Pada saat tulisan ditolak diabaikan atau didiamkan media, maka blog menjadi penawar.

Blog juga bisa digunakan sebagai pusu¬†atawa “pelontar” yang akan “melempar” tulisan kita secara cepat sampai jauh, tanpa harus menunggu pertimbangan redaksi yang terlalu lama atau malah berlama-lama.

Melalui blog kita bisa merespons berbagai fenomena dengan tepat waktu sebelum isu-isu itu hilang tenggelam atau ditenggelamkan isu lain yang terus bermunculan tiada henti.

Blog adalah peluru terakhir.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

Senandung Jampoek

Senandung Jampoek Penulis: Khairil Miswar Penerbit: Kawat Publishing ISBN: 978-602-50591-7-9 Cetakan: Pertama, 2020 Tebal: 282 halaman. Harga: Rp. 55.000 (Pingiriman wilayah Aceh + ongkir Rp. 5000). Minat Hubungi WA: 081360660766
khairilmiswar
About khairilmiswar 320 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*