Sahabat

154 Views

Fase pertemanan diawali dengan saling terasing. Dengan adanya interaksi, sosok asing itu kemudian berubah menjadi teman. Dari sejumlah teman yang kita miliki, seiring perjalanan waktu dan semakin eratnya perpaduan hati, sebagian dari teman itu akan menjelma sebagai sahabat.

Sahabat adalah teman dekat. Kedekatan ini dilandasi oleh banyaknya kecocokan antara kita dan mereka. Kecocokan inilah yang kemudian mengeratkan tali pertemanan sehingga sosok sahabat menduduki posisi berbeda dari teman-teman pada umumnya.

Kita seringkali menganggap sahabat lebih “berharga” dari sekerumun teman yang kita miliki. Anggapan ini didasarkan pada berbedanya keakraban yang terbina antara keduanya. Jika kehilangan teman hanya kita ratapi sejenak, maka kehilangan sahabat akan kita sesali sepanjang waktu.

Sahabat adalah teman dalam maqam tertinggi. Jika hubungan dengan teman dibatasi oleh sejumlah rahasia, maka hubungan dengan sahabat, dengan pengecualian tertentu cenderung tanpa rahasia. Bahkan terkadang kita saling “telanjang.”

Dalam berinteraksi dengan teman biasanya kita akan sangat hati-hati agar mereka tidak tersinggung. Demikian pula dengan mereka, juga bersikap serupa untuk menjaga perasaan kita.

Ada pun saat berinteraksi dengan sahabat kita tidak begitu peduli pada kehati-hatian, sebab kita yakin seorang sahabat sangat memahami kondisi dan karakter kita sehingga segala “kepura-puraan” menjadi tidak perlu sebab telah berganti dengan keterusterangan.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

Senandung Jampoek

Senandung Jampoek Penulis: Khairil Miswar Penerbit: Kawat Publishing ISBN: 978-602-50591-7-9 Cetakan: Pertama, 2020 Tebal: 282 halaman. Harga: Rp. 55.000 (Pingiriman wilayah Aceh + ongkir Rp. 5000). Minat Hubungi WA: 081360660766
khairilmiswar
About khairilmiswar 281 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*