Opini yang Berubah Menjadi Cerpen

150 Views

Beberapa hari lalu saya menyiapkan sebuah artikel yang berjudul “Para Penganggur.” Artikel itu rencananya akan dikirim ke rubrik Opini salah satu koran lokal.

Dalam artikel itu saya ingin membahas tentang peran para penganggur yang sering dipandang sinis oleh sebagian orang. Sebagian kalangan menganggap penganggur sebagai pemalas, tidak cakap, tidak produktif dan seterusnya.

Anggapan itu tentunya tidak seluruhnya benar. Artinya tidak selamanya penganggur itu identik dengan pemalas. Ada banyak sekali alasan kenapa mereka harus menganggur. Bisa jadi mereka kekurangan modal, fisik yang lemah atau harus merawat orangtua yang sakit dan seterusnya.

Keberadaan para penganggur juga sering dianggap sebagai ancaman. Artinya, kondisi mereka yang tidak punya pekerjaan dianggap berpotensi melahirkan kejahatan, seperti pencurian, perjudian dan lain-lain. Dengan kata lain, para penganggur selalu saja dipandang negatif.

Padahal, jika kita mau jujur, seburuk apapun seseorang di dunia ini, dia pasti pernah melakukan kebaikan dalam hidupnya, walau kecil sekali pun. Demikian juga dengan penganggur.

Dalam kehidupan sosial, penganggur juga memiliki peran dan kontribusi yang terkadang luput dari perhatian kita. Lihat saja ketika ada orang meninggal di kampung, para penganggurlah yang menggali kubur dan mencari bahan-bahan yang dibutuhkan. Ketika pesta perkawinan digelar, para penganggur pula yang gigih membantu, sementara orang lain yang non penganggur sering terikat dengan pekerjaan mereka.

Demikian seterusnya…

Tapi, sedang asyiknya saya menulis artikel tentang tema tersebut, tiba-tiba pikiran saya pun berbelok. Artikel yang baru beberapa paragraf itu pun saya ubah menjadi cerpen. Dan, cerpen itu terbit pagi tadi di Serambi Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

Senandung Jampoek

Senandung Jampoek Penulis: Khairil Miswar Penerbit: Kawat Publishing ISBN: 978-602-50591-7-9 Cetakan: Pertama, 2020 Tebal: 282 halaman. Harga: Rp. 55.000 (Pingiriman wilayah Aceh + ongkir Rp. 5000). Minat Hubungi WA: 081360660766
khairilmiswar
About khairilmiswar 281 Articles
Khairil Miswar dilahirkan di Desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada 24 Juli 1981 dari pasangan Ayahanda Drs. Tgk. H. Ismail Sarong dan Ibunda Hj. Mudiah Affan (Almarhumah). Menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Konsentrasi Pemikiran dalam Islam. Menulis artikel di beberapa media dan menulis beberapa buku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*